Pentingnya Mempelajari Sirah Nabi ﷺ



Mempelajari Sirah Nabi ﷺ membantu memudahkan memahami keseluruhan ajaran Islam. Baik dari sisi aqidah, ibadah dan akhlak. Karena kehidupan beliau –sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya – adalah praktek terhadap ajaran agama Islam secara totalitas. Beliau telah mendakwahkannya dengan upaya yang sungguh-sungguh untuk menegakkan akidah yang merupakan pondasi agama.
Maka barang siapa yang meneliti sirah beliau akan mendapatkan bahwa beliau memulai dakwah beliau dengan mengajak manusia kepada tauhid. Sekian tahun beliau menghabiskan hidup beliau untuk mengajak manusia kepada aqidah tauhid sebagaimana yang telah Allah perintahkan.
Kemudian barulah diturunkan kewajiban-kewajiban lainnya secara berangsur-angsur.
Dengan mempelajari sirah beliau, seseorang bisa mengetahui bagaimana akidah yang benar serta memahami tahapan-tahapan turunnya syariat dan bagaimana mempraktekkan agama Allah dengan benar. Di dalam karya beliau Mukhtashar As Sirah, Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah mengatakan,

اعرف ما قصه أهل العلم من أخبار النبي صلى الله عليه وسلم وقومه وما جرى له معهم في مكة وما جرى له في المدينة ، واعرف ما قص العلماء عن أصحابه وأحوالهم وأعمالهم. لعلك أن تعرف الإسلام والكفر ؛ فإن الإسلام اليوم غريب وأكثر الناس لا يميز بينه وبين الكفر ، وذلك هو الهلاك الذي لا يرجى معه فلاح
“Pelajarilah apa yang telah dikisahkan oleh para ulama tentang Nabi ﷺ serta kaumnya, dan apa yang terjadi di antara beliau dan mereka baik ketika di Makkah maupun di Madinah. Dan pelajari pula apa yang dikisahkan oleh para ulama tentang para sahabat beliau, keadaan dan praktek amalan mereka yang dengannya semoga Anda bisa membedakan antara Islam dan kekufuran. Karena sesungguhnya Islam begitu terasing di zaman ini dan banyak sekali orang yang tidak bisa membedakan antara Islam dan kekufuran. Maka ini merupakan sebuah bencana yang tidak akan membawa kepada keselamatan.”

Dikutip dari artikel https://buletin.tauhid.or.id/2017/08/sirah-nabawiyah-dan-keutamaan.html poin ke-6 tentang  KEUTAMAAN MEMPELAJARI SIRAH NABAWIYAH

Silahkan copy-paste atau share

Seluruh poster di dalam website ini bebas untuk disebarluaskan tanpa melakukan editing misalnya cropping. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Using this technique, we all the time have ample room for overflow, and it additionally allows us to offer “Speed to Market” packages that help our customers keep ahead of the competition. If services have quantity of} machining operations to implement CNC, they need to} goal for essentially the most closely handbook first. Replacing as many handbook processes as possible will result within the biggest time NURSING BRA and price financial savings, resulting in quicker ROIs.

    BalasHapus