Doa Sapu Jagat pada Hari Tasyriq


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:
فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا ۗ فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ (200) وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (201)
Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka“ [QS Al-Baqarah: 200- 201]

Terkait ayat tersebut di dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala memberikan petunjuk kepada mereka untuk berdoa kepada-Nya sesudah banyak berzikir kepada-Nya, karena keadaan seperti itu sangat dekat untuk diperkenankan. Dan Allah mencela orang yang tidak mau meminta kepada-Nya kecuali hanya mengenai urusan duniawinya, sedangkan urusan akhiratnya dia kesampingkan. Untuk itu Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ

Maka di antara manusia ada orang yang berdoa "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bagian (yang menyenangkan) di akhirat.

Yang dimaksud dengan khalaq ialah bagian, yakni tiada keberuntungan baginya di akhirat nanti. Di dalam kalimat ini terkandung makna celaan dan menanamkan rasa antipati terhadap perbuatan seperti itu. Lain halnya dengan orang-orang yang datang sesudah mereka dari kalangan kaum mukmin. Maka doa mereka ialah seperti yang disebutkan di dalam firman-Nya (pada ayat setelahnya):

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka“

Pada ayat ke 203, firman Allah subhanahu wa ta'ala:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ

Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang terbilang. [QS. Al-Baqarah: 203]

Dikutip dari Kitab Lathaiful Ma'arif karya Ibnu Rajab rahimahullah, diriwayatkan oleh Zaid Al-Jashshosh dari Kinanh Al-Qurosy, dia mendengar Abu Musa Al-Asy'ariy berkata ketika berkhutbah di hari النحر (Idul Adha):
"Tiga hari setelah An-Nahr (hari-hari tasyriq 11-13 Dzulhijjah) itulah yang disebut oleh Allah sebagai أيام المعدودات. Doa pada pada hari tersebut tidak akan tertolak. Maka panjatkanlah keinginanmu kepada Allah 'azza wa jalla"

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دَعْوَةٍ يَدْعُو بِهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ [يَقُولُ] : "اللَّهُمَّ ربَّنا، آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وقنا عذاب النار"

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ismail ibnu Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz ibnu Suhaib yang menceritakan bahwa Qatadah pernah bertanya kepada Anas suatu doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi ﷺ. Maka Anas radhiyallahu 'anhu menjawab bahwa Nabi ﷺ acapkali membaca doa berikut, yaitu: "Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka“ [HR Bukhari & Muslim]

Di dalam Kitab Lathaiful Ma'arif pada pembahasan المجلس الثالث في أيام التشريق disebutkan oleh Ibnu Rajab rahimahullah:
Berkata Hasan Al-Bashri:

الحسنة في الدنيا العلم والعبادة، وفي الآخرة الجنة
"Kebaikan di dunia adalah ilmu dan ibadah, dan kebaikan di akhirat adalah surga"

Berkata Sufyan Ats-Tsauri:

الحسنة في الدنيا العلم والرزق الطيب; وفي الآخرة الجنة
"Kebaikan di dunia adalah ilmu dan rizki yang baik, dan (kebaikan) di akhirat adalah surga.

والدعاء من أفضل أنواع ذكر الله عز وجل

Doa termasuk dzikir (mengingat Allah) yang paling utama.

Semoga bermanfaat dan Allah 'azza wa jalla memudahkan kita untuk tidak menyia-nyiakan keistimewaan hari-hari tasyriq ini.


Silahkan copy-paste atau share

Seluruh poster di dalam website ini bebas untuk disebarluaskan tanpa melakukan editing misalnya cropping. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar